Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Selasa, 28 Juni 2016

MANFAAT JAHE MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

Inilah Salah Satu Manfaat Jahe Merah - Jahe merah memiliki nama latin zingiber officinale var rubrum, memiliki ukuran yang lebih kecil, namun memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi. Jahe merah memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dari pada jenis jahe pada umumnya. Oleh sebab itu banyak orang yang memanfaatkan jahe merah sebagai obat herbal. 

Jahe merah memiliki beberapa kandungan yang berkhasiat diantaranya adalah zingeberin, camphene, lemonin, zingiberene, zingiberal, gingerale and shogool, karbohidrat, asam organik, asam malic, dan aksolat gingerin. Konsumsi jahe merah dalam kehidupan sehari-hari biasanya digunakan untuk menghangatkan badan dan kandungan minyak asirinya banyak digunakan sebagai bahan baku pewangi kosmetik.

Manfaat Jahe Merah

MANFAAT JAHE MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

Tidak hanya digunakan untuk menghangatkan badan saja, seperti yang dikutip m.vemale.com jahe merah dapat digunakan untuk melancarkan buang air besar, dapat mengobati rematik, memperbaiki nafsu makan, dan mencegah masuk angin, mengobati bronchitis, sakit punggung, impotensi, meningkatkan stamina, mengurangi sakit karena asthma, dan mengatasi sakit kepala. 

Ramuan jahe merah untuk mengatasi rematik
Bahan :
  • Jahe merah 25 gram 
  • Temulawak 20 gram 
  • Cabe jawa 20 gram 
  • Kumis kucing 30 gram 
  • Daun komfrey 25 gram
Cara membuat 
Bersihkan semua bahan dengan cara mencucinya, kemudian iris tipis-tipis rimpang jahe merah dan temulawak. Rebus semua bahan dalam 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas saja. Setelah mendidih angkat kemudian dinginkan untuk disaring. Anda dapat meminum ramuan ini 2 kali sehari masing-masing 1 gelas, Anda juga dapat menambahkan madu untuk menambah rasa manis.

Ramuan jahe merah untuk mengatasi masalah THT
Masalah THT seperti hidung tersumbat, ingus terus menerus keluar, disertai alergi pada debu dan udara dingin dapat diatasi dengan menggunakan ramuan jahe merah.

Bahan:
  • Jahe merah 3 jari tangan
  • Bonggol sereh 1 batang
  • Cengkih 7 biji
  • Kemukus 7 biji
  • Kapulaga 7 biji
Cara membuat:
Kerik hingga bersih bagian kulit jahe kemudian cuci dan memarkan. Untuk sereh, buang bagian kulit luarnya  kemudian cuci dan juga memarkan. Setelah itu rebus semua bahan dalam 5 gelas air sampai tersisa 4 gelas saja. Kemudian angkat dan saring, minum 3 kali sehari 2/3 gelas setelah makan. Lakukan secara rutin dan teratur selama 3 minggu.

Jadi tidak ada salahnya jika Anda memiliki tanaman ini di sekitar rumah untuk bisa mendapatkan manfaat jahe secara maksimal.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MANFAAT JAHE MERAH UNTUK KESEHATAN TUBUH KITA

0 komentar:

Poskan Komentar