Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Kamis, 31 Maret 2016

CONTOH ENERGI KIMIA DISEKITAR KITA

Sebutkan Contoh Energi Kimia di Kehidupan Sehari-hari - Ada banyak contoh energi kimia yang ada di bumi ini dan kita bisa melihatnya dalam kehidupan kita sehari hari. Namun, sebelum kita membahas mengenai apa saja contoh dari energi kimia, mari kita mulai dengan pengertian energi kimia. Kimia yang berarti perubahan zat dari satu zat ke zat lain adalah contoh dari pengertian kimia.

Secara ilmiah, kimia berarti ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur, dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta adanya perubahan pada zat tersebut. Perubahan zat yang terjadi adalah proses darienergi kimia dan kita bisa melihatnya dalam kehidupan sehari hari seperti es yang mencair, air yang membeku, dan kapur barus yang menyublim, dan embun yang berair. 

CONTOH ENERGI KIMIA DISEKITAR KITA

Contoh Energi Kimia dan Penjelasanya

1. Salah satu contoh energi kimia yang bisa kita temui sehari hari adalah terdapat pada benda cold pack atau kompres dingin. Benda ini terdiri dari dua tas yang salah satunya terdapat air. Di dalam tas tersebut ada kandungan ammonium nitrat, kalsium nitrat atau urea yang digunakan untuk keperluan olahraga.

Ketika sisi dari kantong rusak dan dipenuhi air, air akan beraksi dengan butiran ammonium nitrat dan membuat ikatan kimia baru selama reaksi menyerap energi dari lingkungan. Apabila kompres ini kita letakan di bagian tubuh kita yang panas, maka panas akan diserap oleh kompres ini dan tubuh yang kita kompres dengan menggunakan alat ini akan langsung dingin.

2. Contoh energi kimia yang lain adalah berada di dalam tabung gas dan kompor. Tentunya kita semua dirumah mempunyai kompor dan gas untuk memasak. Tabung gas propane yang ada di dalam tabung gas yang kita memiliki adalah sumber energi kimia yang nantinya akan dirubah menjadi energi panas.

Ketika gas propane dibakar untuk memasak di atas penggangan, energi kimia yang tersimpan di dalam ikatan molekul propane akan rusak dan akan melepaskan panas untuk memasak. Warna dari kompor yang menggunakan gas propane biasanya memiliki warna biru terang dan ada warna orange. Contoh rusaknya ikatan atom dan melepaskan panas ini juga bisa dikatakan sebagai energi kimia.
3. Contoh energi kimia yang lain adalah kita bisa menemukanya di sekitar api unggu dan kayu terbakar. Pada saat kayu terbakar, energi kimia yang tersimpan di dalam ikatan molekul kayu akan melepaskan panas dan cahaya. Panas yang terpancar di sekitar api anggun disebut sebagai radiasi. Radiasi sendiri juga termasuk ke dalam sub bahasan energi kimia.

Ada contoh lain yang lebih simple yaitu proses fotosintesis. Energi dari sinar matahari akan dirubah menjadi energi kimia yang tersimpan dalam ikatan karbohidrat sehingga tanaman dapat membuat pangan. Proses fotosintesis semacam ini tidak hanya kita temui di bunga saja, namun tanaman lain seperti padi, jagung, dan juga nangka juga melalui proses fotosintesis sebelum akhirnya mampu untuk menghasilkan buah.

Kita bisa menemukan berbagai macam kasus yang melibatkan energi kimia di dalamnya. Proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita pun juga merupakan sebuah reaksi kimia. Makanan yang kita makan akan dirubah menjadi energi oleh sistem pencernaan kita yang nantinya bahan yang tidak perlu di buang melalui feses. Itulah beberapa macam contoh energi kimia yang ada disekitar kita dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CONTOH ENERGI KIMIA DISEKITAR KITA

0 komentar:

Posting Komentar