Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Senin, 15 Februari 2016

PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI LENGKAP

Pengertian dan Memahami Ideologi Menurut Para Ahli di Bidangnya - Salam hangat dari admin situs contoh di Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin akan sedikit membagi ilmu yang di dapat dari jalan-jalan selama ini. Nah kali ini admin khusus membahas tentang pemahaman Ideologi , seperti apa penjelasannya silahkan kalian simak di bawah ini ulasan lengkapnya.

Pengertian Ideologi adalah..?? Apa itu Ideologi..?? Apa sih itu Pengertian Ideologi yang sebenarnya ?...Ada banyak definisi para ahli tentang pengertian ideologi, dimana dari pendapat-pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan mengenai pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apasih itu Pengertian ideologi ?.. Secara umum, Pengertian Ideologi adalah suatu kumpulan gagasan, ide-ide dasar, keyakinan serta kepercayaan yang bersifat sistematis dengan arah dan tujuan yang hendak dicapai dalam kehidupan nasional suatu bangsa dan negara.
PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI LENGKAP

Istilah ideologi berasal dari kata 'idea' (inggris) yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita; dan kata 'logi' yang dalam bahasa Yunani logos artinya ilmu atau pengetahuan. Secara Harfiah, Pengertian Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan-gagasan, pengetahuan tentang ide-ide, science of ideas atau ajaran tentang pengertian-pengertian dasar.

Dalam pengertian sehari-hari "idea" yang berarti 'cita-cita'. Cita-cita yang dimaksud adalah cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham. Ideologi mencakup pengertian tentang ide-ide, pengertian dasar, gagasan dan cita-cita. Ideologi dapat dianggap sebagai visi yang luas, sebagai cara memandang segala sesuatu. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga pembuat konsep ini menjadi intisari politik.

Pengertian Ideologi Menurut Definisi Para Ahli - Berikut beberapa pengertian ideologi yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh kenegaraan.
 
Inilah Pengertian Ideologi
  1. Alfian : Menurut definisi Alfian, pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.
  2. C.C. Rodee :  Menurut pendapat C.C. Rodee yang menyatakan bahwa pengertian ideologi adalah sekumpulan yang secara logis berkaitan dan mengindentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.
  3. Ali Syariati : Menurut Ali Syariati mengenai pendapat tentang pengertian ideologi yang mengatakan bahwa ideologi adalah sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.
Dari hasil pendapat para ahli mengenai pengertian ideologi, yang disimpulkan bahwa pengertian ideologi adalah kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut berbagai bidang kehidupan manusia. 

Demikian informasi dari admin semoga dengan judul artikel Tentang Pengertian Ideologi Sesuai Dengan Ahli dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman yang bermanfaat bagi kalian semua para pembaca yang berbahagia saat ini. Oke silahkan di share jika menurut kalian memang sangat layak untuk dibagikan kepada hal layak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN IDEOLOGI MENURUT PARA AHLI LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar