Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Sabtu, 20 Februari 2016

20 MANFAAT KHASIAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN DAN DIET

Apa Saja Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Untuk Tubuh Manusia - Di Negara kita sendiri, Indonesia sudah sejak lama mengenal kelor apalagi manfaat dan khasiat daun kelor sehingga terdapat berbagai penamaan tanaman kelor misalnya Jawa, sunda, bali, lambung: kelor; Buru: Kerol; Gorontalo: Kelo; Sumba: Kawano; Timur: Hau fo; Bugis: Keloro; Flores: Moltong; Madura (Marangghi).

Tanaman kelor adalah perdu yang mencapai tinggi hingga 10 meter, berbatang lunak dan rapuh dengan daun sebesar ujung jari berbentuk bulat telur dan tersusun majemuk. Tanaman kelor berbunga setiap tahun dengan warna putih, yang buahnya berisi segitiga yang panjangnya sekitar 30 cm, tumbuh subur dari dataran rendah hingga ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Berdasarkan literatur sejarah membuktikan tanaman kelor berasal dari kawasan sekitar Himalaya dan India, yang selanjutnya menyebar ke Benua Afrika dan Asia Barat. Hingga ke Arab Saudi dan Israel karena manfaat tanaman kelor yang digunakan sebagai program dalam pemulihan tanah kering dan gersang. karena tanaman kelor bersifat mudah tumbuh baik itu tanah gersang atau kering, dan jika telah tumbuh dengan banyak tanaman-tanaman lain akan tumbuh dan semakin banyak. 

20 MANFAAT KHASIAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN DAN DIET

Di Indonesia terkhusus daerah perkampungan, pedesaan, sebagiannya hanya dijadikan sebagai tanaman pagar hidup, batas tanah atau jalan, namun manfaat daun atau khasiat daun dan karangan bunga serta buah muda tetap dijadikan sebagai sayuran, dan sudah sejak lama digunakan. Sebagai tanaman berkhasiat obat, tanaman kelor dari akar, batang, daun dan bijinya telah lama dikenal di pedesaan bermanfaat dijadikan obat-obatan tradisional. Misalnya akar, dicampur dengan kulit akar pepaya, digiling dan dihancurkan dan dijadikan sebagai obat luar (balur) untuk penyakit beri-beri dan sebangsanya. Daunnya ditambah kapur sirih sebagai obat kulit misalnya kurap dengan cara digosokkan.

Sedangkan untuk obat dalam, air rebusan akar dapat mengobati rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, sampai ke obat gonorrhoea. Bahkan, biji tua bersama dengan kulit jeruknya dan buah pala, menjadi spiritus moringae compositus digunakan untuk stimulans, stomachikum, carminavitum sampai diuretikum. Biji kelor digunakan untuk pencernihan air permukaan misalnya air kolam, sungai, danau sebagai pengendap dengan asil yang memuaskan. Sehingga banyak serangkaian penelitian yang membuktikan manfaat tanaman kelor mulai dari daun, kulit, batang, buah hingga ke bijinya sejak awal tahun 1980-an telah dimulai.

Perbandingan vitamin-vitamin terdapat dalam daun kelor segar dengan daun kelor dikeringkan dan dilumatkan dalam bentuk serbuk (tepung) dalam satuan berat yang sama. 

20 MANFAAT KHASIAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN DAN DIET

Daun kelor dapat dijadikan sebagai obat tradisional yang bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan menyehatkan tubuh anda. Manfaat dan khasiat daun kelor tersebut dan cara-caranya adalah sebagai berikut :

1. Manfaat Daun Kelor: Menurunkan dan Mencegah Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Kandungan flavonoid daun kelor yang bermanfaat bagi penderita hipertensi karena dapat menurunkan dan mencegah tekanan darah tinggi, caranya dengan menyediakan 2 sendok teh daun kelor dengan menuangkan ke dalam saring mentimun segar dan minum selama tiga kali sehari. Agar khasiat dalam penyembuhan hipertensi, konsumsilah ramuan tersebut dan memperbanyak konsumsi air putih.

2. Manfaat Daun Kelor: Memperlancar Buang Air Kecil.  Daun kelor bermanfaat dalam memperlancar buang air kecil hanya dengan membuat ramuan herbal dengan bahan utama yaitu daun kelor caranya dnegna menyediakan 1 sendok teh bubuk daun kelor, 1 sendok teh bubuk mentimun atau wortel dengan 1 gelas air (200ml) dengan mencampur seluruh bahan hingga rata, saring ramun tersebut lalu minum.

3. Manfaat Daun Kelor: Menurunkan Kadar Gula Darah (Mencegah dan Menyembuhkan Diabetes).  Daun kelor bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah ataua menyembuhkan dan mencegah terjadinya diabetes karena kandungan flavonoid dalam daun kelor yang banyak memberikan manfaat dan menyembuhkan berbagai penyakit.

4. Manfaat Daun Kelor: Obat Alergi. Daun kelor bermanfaat dalam mengindarkan kita dari alergi dan sebagai obat alergi dengan cara menyediakan 1 hingga 3 tangkai daun kelor, cuci dengan bersih dan 1 siung bwang merah, cuci bersih dan potong-potong. ADAS secukupnya dan 3 gelas air (600 ml). Rebus seluruh bahan ke dalam air hingga tersisa dua gelas. Saring dan minum ramuan tersebut dua kali sehari. Setiap kali minum sebanyaks satu gelas.

5. Manfaat Daun Kelor: Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh. Kandungan flavonoid dari daun kelor bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tubuh cukup dengan mengkonsumsi daun kelor setiap hari.

6. Manfaat Daun Kelor: Menurunkan Kadar Asam Urat/Mencegah dan Menyembuhkan Rematik, Nyeri dan Pegal-Pegal. Daun kelor berkhasiat dalam mencegah dan menyembuhkan rematik, nyeri, dan pegal-pegal karena sifatnya antiperadangan dan menurunkan kadar asam urat dari kandungan flavonoid daun kelor dan dapat juga dilakukan dengan ramuan-ramuan untuk menambah manfaat daun kelor cukup dengan menyediakan 2-3 tangkai daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih, dengan menumbuk halus kedua bahan dan gunakan sebagia obat gosok.

7. Manfaat Daun Kelor: Meringankan  dan Mengobati Asam Lambung/Maag. Daun kelor bermanfaat dalam meringankan dan mengobati asam lambung karena sifat dari daun kelor yang bermanfaat yaitu antiperadangan  yang apabila dikonsumsi setiap hari anda dapat terhindar asam lambung atau maag.

8. Manfaat Daun Kelor: Menyehatkan Mata. Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun kelor tentu bermanfaat bagi kesehatan mata anda cukup dengan mengkonsumsi setiap hari daun kelor sebagai sayuran anda, maka anda menyehatkan mata anda setiap hari.

9. Manfaat Daun Kelor: Mencegah Kanker. Daun kelor bermanfaat dalam mencegah kanker karena kandungan flavonoid dari daun kelor ini banyak mengobati macam-macam penyakit salah satunya penyakit kanker, cukup dengan menjadikan daun kelor sebagai konsumsi anda setiap hari sebagai sayuran.

10. Manfaat Daun Kelor: Menyehatkan Kulit. Daun kelor dapat bermanfaat dalam menyehatkan kulit karena kandungan C serta antioksidan sangatlah tinggi sehingga dapat menyehatkan kulit anda dan dapat mengatasi jerawat anda cukup dengan menggunakan serbuk daun kelor dan memberikan 1 sendok madu jadikan lah sebagai masker.

11. Manfaat Daun Kelor: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil. Daun  kelor  mengandung  unsur multi  zat  gizi  mikro  yang  sangat  dibutuhkan  oleh  ibu hamil  seperti:    beta  carotene,  thiamin  (B1),  Riboflavin  (B2),  niacin  (B3),  kalsium,  zat  besi, fosfor,  magnesium,  seng,  vitamin  C,  sehingga  dapat  menjadi  alternatif  untuk  meningkatkan status gizi ibu hamil.

12. Manfaat Daun Kelor: Mengobati Penyakit Herpes, Kurap, dan Luka Bernanah. Daun kelor dapat mengobati penyakit tersebut, cukup dengan menggunakan 3 gagang daun kelor lalu tumbuk hingga halus dan tempelkan pada bagian yang ingin diobati.

13. Manfaat Daun Kelor: Menyehatkan Rambut. Daun kelor bermanfaat dalam menyehatkan rambut membuatnya mengkilap dengan memberikan nutrisi dengan cara menggunakan teh daun kelor dalam pertumbuhan rambut.

14. Manfaat Daun Kelor: Mengobati Sakit Kuning (Lever). Daun kelor dapat mengobati sakit kuning (lever) cukup dengan mengkonsumsinya sehari-hari.

15. Manfaat Daun Kelor: Mengatasi Cacingan. Daun kelor juga bermanfaat dalam mengatasi cacingan karena daun kelor sangat baik dipencernaan dan sifat yang dimiliki yakni anti bakteri dan meningkatkan daya tahan tubuh anda.

16. Manfaat Daun Kelor: Mengobati Anemia. Daun kelor bermanfaat dalam mengobati anemia seperti yang dilakukan di negara Filipina, mereka menggunakan daun kelor untuk mengobati anemia, pembengkakan kelenjar dan penambah ASI untuk ibu menyusui.

17. Manfaat Daun Kelor: Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Kandungan arginin pada daun kelor segar sekitar 406,6 mg sedangkan daun kering 1.325 mg berperan dalam meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh.

18. Manfaat Daun Kelor: Memperlambat Pertumbuhan Tumor. Tidak hanya meningkatkan daya tahan tubuh, arginin dalam daun kelor juga berperan dalam memperlambat pertumbuhan tumor.

19. Manfaat Daun Kelor: Menyehatkan Organ Hati. Kandungan leusin pada daun kelor segar sekitar 492 mg yang berperan dalam mengunci kesehatan organ jantung.

20. Manfaat Daun Kelor: Makanan Diet. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan beberapa kandungan yang lain yang telah diinformasikan diatas dari setiap tabel kandungan daun kelor terlihat bahwa daun kelor dapat menjadi makanan diet.  

Nah demikian untuk penjelasan artikel kali ini dengan judul Khasiat dan Manfaat Daun Kelor Untuk Tubuh. Semoga saja dengan artikel yang sangat bermanfaat ini dapat kalian terapkan dan bagikan kepada para pembaca lainnya. Banyak sekali manfaat daun kelor atau sering disebut dengan marungga di daerah NTT dan Sulawesi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 MANFAAT KHASIAT DAUN KELOR UNTUK KESEHATAN DAN DIET

0 komentar:

Posting Komentar