Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Sabtu, 16 Januari 2016

PENGERTIAN DAN SARANA HUBUNGAN INTERNASIONAL SAAT INI

Apa Pengertian Hubungan Internasional Menurut Para Ahli - Hubungan internasional merupakan hubungan antarbangsa atau interaksi manusia antarbangsa baik secara individu maupun kelompok, dilakukan baik secara langsung maupun secara tidak langsung dan dapat berupa persahabatan, persengketaan, permusuhan ataupun peperangan.

Selain itu, hubungan internasional juga merupakan hubungan yang dilakukan oleh bangasa-bangsa atau negara-negara, atau merupakan sebuah atau suatu hubungan yang bersifat global yang meliputi semua hubungan yang terjadi yang melewati dan melampaui suatu batas-batas kenegaraan.

PENGERTIAN DAN SARANA HUBUNGAN INTERNASIONAL SAAT INI
Berikut adalah beberapa definisi atau pengertian hubungan internasional menurut para ahli, diantaranya :
  • Hubungan Internasional menurut J.C. Johari
Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlansung diantara negara-negara berdaulat disamping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non negara (non states actors) yang prilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas Negara.
  • Hubungan International menurut Couloumbis dan Wolfe
Hubungan internasional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan prilaku serta mengungkapkan karakteristik-Karakteristik atau tipe-tipe hubungan antar unit-unit social
  • Hubungan Internasional menurut Mochtar Mas’oed (1990)
Hubungan internasional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena didalamnya terdapat atau terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit dari pada hubungan antar kelompok.

Lingkup Kajian Hubungan Internasional
Hubungan internasional sangat berkaitan dengan interaksi yang terjadi di antara negara-negara. Kajian dalam studi hubungan internasional yang meliputi segala bentuk hubungan di antara berbagai negara-negara yang ada di dunia dan juga meliputi kajian mengenai lembaga-lembaga internasional seperti misalnya, International Red Cross (IRC), kepariwisataan, transportasi, komunikasi dan sebagainya.

Selain itu hubungan internasional juga mencakup masalah-masalah mengenai perang, konferensi-konferensi internasional, diplomasi, perdagangan internasional, pariwisata internasional, bantuan-bantuan luar negeri, dan semua ini merupakan aspek-aspek yang terdapat dalam kajian hubungan internasional.

Selain negara yang menjadi subjek hubungan internasional ada juga individu maupun kelompok-kelompok tertentu. Oleh karena itu hubungan internasional tidak hanya mencakup hubungan antar bangsa saja tetapi juga hubungan yang terjadi antar individu maupun kelompok di lingkungan internasional.

Hubungan internasional sebagai subjek studi dapat dipecah ke dalam studi-studi khusus seperti, studi politik internasional, hukum internasional, organisasi internasional, ekonomi internasional, pendidikan internasional, psikologi internasional, dan sosiologi hukum internasional.

Kesimpulan Hubungan Internasional
Hubungan Internasional adalah ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena internasional. Hubungan Internasional juga mempelajari mengenai perilaku aktor Negara maupun non Negara yang melintasi batas territorial sebuah Negara yang berperan dalam melakukan berbagai bentuk kedaulatan dan penggunaan kekuasaan guna untuk meraih kepentingan nasional negaranya, dan juga berupaya untuk mempertahankan perannya sebagai aktor utama dalam menjalankan sistem internasional.

Kemudian kajian studi hubungan Internasional sangat luas bukan hanya membahas mengenai politik saja namun juga membahas mengenai fenomena ekonomi, hukum sosial dan budaya. Dengan kata lain ilmu hubungan internasional merupakan ilmu sosial yang mempunyai cakupan yang sangat luas.  
Sarana hubungan internasional 
terdiri atas diplomasi, ekonomi, militer, dan propaganda. Tentunya setiap negara memiliki sarana tersendiri untuk menjalin hubungan internasional dengan negara lain dan yang paling banyak saat ini melalui diplomasi yakni perwakilan diplomatik.

Diplomasi 
Diplomasi mencakup kegiatan politik luar negeri suatu negara dalam artian hubungannya dengan negara lain atau subjek hukum internasional tertentu. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan diplomasi diantaranya 
  • Menentukan tujuan dengan mempergunakan semua daya dan tenaga untuk mencapai tujuan tersebut. 
  • Menyesuaikan kepentingan dari negara lain dengan kepentingan nasional sesuai dengan daya dan tenaga yang ada padanya. 
  • Menentukan apakah tujuan nasional sejalan atau berbeda dengan kepentingan negara lain. 
  • Mempergunakan sarana dan kesempatan yang ada sebaik-baiknya. 
Hubungan diplomasi ditandai dengan adanya perwakilan-perwakilan diplomatik. Untuk selengkapnya mengenai hubungan diplomatik baca disini. 

Ekonomi 
Sarana ekonomi berkaitan dengan perdagangan internasional dimana negara-negara dalam taraf internasional memenuhi sebagian kebutuhan negaranya dengan melakukan perdagangan internasional baik sebagai importir atau sebaliknya menjadi eksportir. Tentunya ini diatur dalam hukum internasional tentang perdagangan internasional. 

Militer 
Kekuatan militer dari suatu negara menunjang dalam hubungan diplomasi. Negara yang memiliki serangkaian militer yang kuat akan kebal terhadap ancaman-ancaman dan tekanan yang dapat mengganggu kepentingan nasional di negara itu. 

Propaganda 
Bentuk propaganda juga menjadi sarana hubungan internasional yang sejatinya kurang baik. Negara-negara yang melakukan propaganda biasanya memiliki niat tersendiri. Propaganda adalah usaha sistematis yang digunakan untuk mempengaruhi pikiran, emosi, dan tindakan suatu kelompok demi kepentingan masyarakat umum.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN SARANA HUBUNGAN INTERNASIONAL SAAT INI

0 komentar:

Posting Komentar