Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Sabtu, 09 Januari 2016

PENGERTIAN DAN CONTOH TEKS EKSPLANASI LENGKAP

Bagaimana Struktur Teks Eksplanasi ? - Teks eksplanasi berisi penjelasan tentang keadaan sesuatu sebagai akibat dari sesuatu yang lain yang telah terjadi sebelumnya dan menyebabkan sesuatu yang lain lagi akan terjadi kemudian. Teks eksplanasi mempunyai fungsi sosial atau sosiokultural untuk menjelaskan proses terjadinya sesuatu menurut prinsip sebab-akibat. Teks eksplanasi berkaitan erat dengan peristiwa alam dan peristiwa sosial.

Ciri - Ciri Teks Eksplanasi
  • Strukturnya terdiri atas : Pernyataan umum, Deretan penjelasan, dan Interprestasi.
  • Memuat informasi berdasarkan faktual (fakta).
  • Faktualnya memuat informasi berdasarkan keilmuan (sains)
Contoh Teks Eksplanasi Fenomena Alam - Banjir Bandang
PENGERTIAN DAN CONTOH TEKS EKSPLANASI LENGKAP

Banjir bandang adalah banjir besar yg datang dengan tiba2 dan mengalir deras menghanyutkan benda2 besar atau disebut juga dengan air bah. Penyebab Terjadinya banjir bandang sebagian besar karena curah hujan yg berintensitas tinggi, juga sampah2 yg menumpuk dan menyebabkan tersumbatnya aliran air sehingga membuat air naik ke permukaan, penebangan pohon secara liar dan tidak dilakukannya reboisasi, serta kurangnya resapan air yg cukup untuk menyerap air hujan, air laut yg pasang juga bisa menyebabkan terjadinya banjir bandang karena adanya gelombang pasang air laut. Akibat dari banjir bandang ini pasti sangat merugikan masyarakat karena bakteri atau kuman akan cepat menyebar sehingga banyak orang yg terkena penyakit. Banjir bandang juga dapat mengganggu aktifitas warga dan dapat membuat pertenakan dan bangunan2 rusak parah. Banjir bandang ini pernah menimpa ibu kota Indonesia yakni Jakarta sekitar tahun 2010 lalu karena adanya banjir kiriman dari kota Bogor, Di daerah sumatera barat yg bertepat di padang pernah terjadi banjir bandang, Bandung dan daerah bogor juga pernah di timpa banjir. Banjir bandang tidak bisa dianggap sebagai suatu persoalan tunggal, tetapi sesuatu yg diakibatkan oleh beberapa faktor secara berantai mengundang banjir. Pemerintah dan masyarakat harus bersatu padu menanggulangi banjir, agar dampak egatif bencana alam yg satu ini dapat di minimaliskan.

Contoh Teks Eksplanasi Alam Sekitar - Gunung Meletus

Setelah meletusnya Gunung Sinabung di Dataran Tinggi Karo, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kini giliran Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur mengeluarkan laharnya. Gunung Sinabung telah 'mendahului' sejak bulan September 2013 sedangkan Gunung Kelud baru meletus Kamis (13/2) pukul 22:50 WIB. Letusan Gunung Kelud diikuti dengan semburan lava dan kilatan petir. Salah satu warga Pare, Kabupaten Kediri, Anita Erie, mengaku rumahnya sedang terkena hujan kerikil. Padahal, jarak sumber letusan ke rumahnya sekitar 25 kilometer. Hal itu menandakan erupsi Gunung Kelud sangat kuat memuntahkan segala isi dalam perut bumi. Pihak berwenang telah membatasi jarak agar masyarakat tidak mendekati dan menjauhi zona berbahaya namun dampak yang juga terasa adalah munculnya hujan abu vulkanik hingga puluhan kilometer dari lokasi. Bagaimana sebenarnya sebuah gunung dapat meletus (erupsi)?
Kerak bumi adalah lapisan tipis batuan padat (10 hingga 70 Km) yang mengambang di lapisan lebih tebal dari batuan cair, mantel, di mana batu berada pada suhu 1100-1200° C di lapisan paling dangkal dan lebih panas dan semakin panas dengan meningkatnya kedalaman. Batuan cair ini adalah cairan magma yang keluar dari gunung berapi pada permukaan kerak bumi dan menjadi batu lava ketika membeku. 

Kerak bumi memberikan sebuah tekanan besar pada mantel magma yang cenderung terhadap keuntungan pada setiap titik lemah yang berada di atas kerak bumi, yang terbentuk oleh beberapa patahan, untuk naik dan keluar di atas permukaan. Gunung berapi dengan bentuk kerucut yang khas terbentuk menjadi banyak lapisan dari letusan lava terpadatkan selama ratusan ribu tahun. 

Hal tersebut merupakan kehidupan normal gunung berapi. Letusan magma mereda oleh gas-gas terlarut di dalamnya, terutama karena magma melintasi lapisan kerak bumi dan mendekomposisi bagian dari batuan di sepanjang jalan. Jadi magma jenuh di bawah tekanan besar dengan gas-gas seperti CO2, SO2, HCl, HF, H2O, H2 dan lainnya. Ketika magma naik sepanjang lubang utama dari gunung berapi, tekanan berkurang dan gas terpisah dari magma membentuk gelembung. Ini cenderung untuk naik ke atas dan meningkatkan tekanan yang diberikan ke atas oleh lava. 

Penting untuk diketahui bahwa magma meletus dari gunung berapi tidak datang langsung dari mantel, tetapi dari ruang magmatik besar atau "kaldera" dan terletak di dalam kerak bumi. Kaldera tersebut terletak pada beberapa kilometer di bawah gunung berapi, langsung berhubungan dengan kawahnya. Viskositas magma sangat penting untuk menjelaskan letusan gunung berapi karena sangat bervariasi. Magma yang paling kental membentuk gunung berapi di mana batuan cair cenderung memadat segera setelah letusan atau bahkan sebelum keluar dari kawah. Akibatnya, magma ini cenderung menyumbat vulkanik menyumbat lubang dengan tutup dari magma padat pada akhir setiap letusan. 

Kesimpulan untuk setiap letusan eksplosif hanya merupakan langkah pertama menuju letusan berikutnya, walaupun terjadi setelah beberapa abad, bahkan tekanan dari dasar magma dan gas, cepat atau lambat cenderung membuat tutup tersebut meledak sehingga letusan dari gunung berapi biasanya mendadak dan eksplosif, setelah periode waktu panjang yang tenang. Kerasnya letusan di daerah sekitarnya dipicu oleh ledakan yang disebabkan oleh gas-gas yang dilepaskan dengan keras oleh magma yang sangat kental, bergerak bersama sejumlah abu, bara, dan puing-puing yang berasal dari bagian-bagian dari gunung yang hancur oleh ledakan. Ini membentuk awan gas panas yang tinggi dan besar dan partikel padat yang dapat runtuh pada sisi-sisi gunung berapi dan membentuk awan dari abu dan gas yang membakar segala sesuatu di sepanjang jalan mereka.

Contoh Teks Eksplanasi Tentang Sosial - Penggunaan Alkohol

Penggunaan alkohol adalah suatu tindakan menggunakan aatau memakai tanaman atau bahan2 yg mengandung alkohol (memabukkan) dengan bertujuan hanya untuk kesenangan atau penghilang setres dan agar dikata anak gaul.
Penyebab terjadiya penggunaan alkohol adalah karena stres tingkat tinggi yg tidak bisa terkendali atau hanya sebagai pamer atau dikatakan gaul, banyak anak jaman sekarang yg sudah terjerumus atau salah dalam pergaulan dan mungkin adanya Broken Home juga dapat menjadi faktor penyebab adanya penggunaan alkohol (narkoba) karena kurangnya perhatian dari orang tua.
Akibat dari pengguaan alkohol (narkoba) ini adalah rusaknya sistem saraf pada anggota dalam tubuh yg dapat membuat hilangnya fungsi sistem saraf tersebut, Dan rusaknya sistem kekebalan tubuhyg dapat membuat penyakit lebih mudah masuk kedalam tubuh pengguna alkohol sehingga mengakibatkan kematian pada orang yg sudah kecanduan menggunakan alkohol (narkoba) ini.

Penggunaan alkohol (narkoba) ini telah banyak terjadi dan banyak menimpa anak ABG (remaja) jaman sekarang, maka dari itu kita harus menjaga diri kita dan menjauhi pergaulan bebas yg dapat mengantarkan diri kita kepada alkohol (narkoba) perkuat keimanan agar senantiasa terhindar dari barang haram ini. Dan saya sangat setuju dengan keputusan presiden RI tentang jatuhan hukuman mati kepada pengedar atau bandar narkoba di Indoesia karena dengan adanya narkoba bisa merusak moral bangsa dan membuuh lebih banyak generasi muda.

Demikian contoh yang bisa saya bagikan dalam judul artikel Contoh Teks Eksplanasi Lengkap dengan Pengertian Teks Eksplanasi. Semoga artikel bermanfaat untuk kalian. Ingat ini hanya contoh dan jangan kalian copas langsung, harus kalian kembangkan. Oke Selamat bekerja

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH TEKS EKSPLANASI LENGKAP

1 komentar:

  1. Halo, nama saya Setiabudi, saya telah ditipu 8 Juta karena aku butuh modal besar dari 40 Juta, bisnis saya hancur sampai saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya dan suami saya ke Mrs Alexandra yang akhirnya membantu kami mendapatkan pinjaman dalam dirinya perusahaan, jika Anda membutuhkan pinjaman dan kontak pinjaman dijamin ibu yang baik Alexandra melalui email perusahaan.

    alexandraestherloanltdd@gmail.com
    atau alexandraestherfastservice@cash4u.com,

    Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com informasi atau saran yang perlu Anda ketahui.
    Terima kasih .

    BalasHapus