Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Selasa, 12 Januari 2016

PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS

Apa Pengertian dan Contoh Kalimat Simpleks dan Kompleks Lengkap Dengan Penjelasan - Selamat pagi para pencari informasi tentang berbagai contoh. Kali ini saya akan membahas dan memberikan contoh lengkap dengan penjelasan tentang Kalimat Kompleks dan Simpleks. Seperti yang kita tahu bahwa kalimat ini berasal dari kompleksitas berbahasa dalam bahasa Indonesia. Kalimat kompleksitas ini dibagilah menjadi 2 yaitu Kompleks dan Simpleks. Untuk lebih jelasnya silahkan kalian baca di bawah ini :

Pengertian kalimat Kompleks dan Simpleks 

Kalimat kompleks adalah sebuah kalimat yang memiliki dua kata kerja utama dan biasanya kedua kalimat dalam sebuah kalimat kompleks dihubungkan oleh konjungsi atau kata penghubung. maka dari itu kalimat kompleks ini sering juga atau bisa disebut dengan kalimat majemuk. Contoh: “Ibu mencuci bawang dan Nanda Memotong sayuran” 
PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS
Ilustrasi Pengerjaan Tugas

Dalam kalimat diatas kita bisa melihat adanya dua predikat dalam sebuah kalimat. Kalimat pertama : S = ibu, P = Mencuci, O = Bawang , Dimana kalimat ini dihubungkan oleh sebuah konjungsi “dan”. Kalimat kedua: S = Nanda, P = Memotong, O = Sayuran. nah didalam sebuah kalimat kompleks terdapat dua kalimat yang masing masing kalimat memiliki predikatnya sendiri sendiri, kemudian kalimat tersebut digabungkan dengan menggunakan kata penghubung, dalam contoh diatas kata penghubung yang digunakan adalah dan. Tidak selalu kalimat komplek menggunakan kata penghubung didalamnya, terkadang sebuah kalimat kompleks hanya dipisahkan oleh tanda koma, bahkan dalam beberapa kasus kalimat ini tidakk dipisahkan oleh kata penghubung atau bahkan sebuah tanda baca. 

kalimat Simpleks: Mudah saja untuk melihat sebuah kalimat apakah termasuk kalimat kompleks atau kalimat simpleks, untuk kalimat simpleks adalah kebalikat dari kalimat kompleks dimana dalam sebuah kalimat simpleks hanya memiliki satu kata kerja utama atau satu pola kalimat, pola kalimat dalam sebuah kalimat simpleks biasanya hanya terdri dari S-P-O, oleh karena itu kalimat ini juga bisa disebut dengan kalimat tunggal. tentunya kalian paham kenapa kalimat ini disebut dengan kalimat tunggal bukan. baiklah masi kita bahas satu contoh dibawah ini. Contoh: “Ayah memancing ikan” 

Dalam kalimat diatas hanya memiliki satu subjek dan predikat, dimana trukture kalimat tersebut adalah: S = Ayah, P = Memancing, O = Ikan. kalian juga bisa menambahkan keterangan dalam kalimat tersebut. bagaimana, simple bukan, sesuai dengan nama kalimat ini yaitu kalimat simpleks atau simple. 

Baiklah, berikut ini saya akan memberikan beberapa contoh untuk masing masing kalimat kompleks dan simpleks sebagai referensi kalian. 

Contoh Kalimat Kompleks dan Simpleks 

Kompleks 
  • Andi mengangkat jemuran apabila ibu menyuruh dia. 
  • Ibu menyuruh andi agar dia mengangkat jemuran. 
  • Ibu membuang sampah dan tukang sampah membersihkannya. 
  • Anak itu memukul temannya dan dia lari darinya. 
  • Aku menjauhi nina sebab dia berbohong padaku. 
  • Aku menghindari pencuri sebab mereka mencuri uang tetanggaku. 

Simpleks 
  • ayah pergi memancing. 
  • ibu memasak nasi di dapur. 
  • adikku belajar matematika. 
  • Dian menyiram bunga. 
  • polisi itu menangkap pencuri. 
  • Mereka menangkap kelelawar. 
Sangat mudah sekali untuk membuah sebuah kalimat simplek, kalian hanya membutuhkan sebuah subjek – presikat – objek, saya sangat yakin kalian pasti bisa dengan mudah membuat tipe kalimat yang sangat sederhana seperti itu. nah untuk membuat kalimat kompleks, kalian cukup menggabungkan dua buah kalimat simpleks dengan kata penghubung yang tepat, lihat kata hubung yang digunakan pada contoh kalimat kompleks diatas untuk lebih jelasnya.

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan terkait dengan judul artikel Contoh Kalimat Kompleks dan Simpleks. Semoga dapat memberikan manfaat bagi kalian yang ingin mendapatkan contoh secara lengkap dengan penjelasan tentang judul artikel ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PENGERTIAN DAN CONTOH KALIMAT KOMPLEKS DAN SIMPLEKS

0 komentar:

Posting Komentar