Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Kamis, 14 Januari 2016

APA PERBEDAAN DEBIT DAN KREDIT LENGKAP

Inilah Jawaban Dari Pertanyaan Perbedaan dan Pengertian Kredit dengan Debet -  Membahas tentang sistem akuntansi dalam perbankan adalah suatu keharusan bagi kalian yang akan sering menggunakan Bank sebagai tempat menyimmpan uang dan sebagai pinjaman modal kalian dalam menjalankan usaha atau bisnis. Dalam hal perbankan yang paling sering kita lihat dan jumpai adalah adanya kata Debit dan Kredit, dari kedua kata tersebut tidak bisa dipisahkan dan sering kalian jumpai dalam istilah perbankan atau akuntansi.

Untuk memperjelas tentang apa itu pengertian dari debit dan kredit, kemudian setelah itu kita akan mengetahui apa saja perbedaannya. Lebih jelasnya kalian silahkan baca artikel di bawah ini.

Pengertian Kredit 
Pengertian kredit adalah kemampuan untuk melaksanakan suatu pembelian atau mengadakan suatu pinjaman dengan suatu janji, pembayaran akan dilaksanakan pada jangka waktu yang telah disepakati. Sementara itu pengertian kredit berdasarkan Undang – Undang Pokok Perbankan No. 7 Tahun 1992 yang menyatakan bahwa kriteria adalah penyediaan uang / tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu berdasarkan persetujuan / kesepakatan pinjam meminjam antara pihak bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak peminjam untuk melaksanakan dengan jumlah bunga sebagai imbalan. Kita sering mendengar tentang kartu kredit yang disediakan oleh bank bagi orang-orang dengan penghasilan tertentu, itu merupakan contoh sebuah kredit. 

Contoh Kartu Kredit
Kartu Kredit merupakan salah satu contoh kredit
APA PERBEDAAN DEBIT DAN KREDIT LENGKAP
Kartu Kredit

Manfaat Kredit  
Manfaat kredit sebgai berikut. 
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna daru modal 
  • Kredit dapat meningkatkan daya guna suatu barang 
  • Kredit sebagai alat stabilitas ekonomi 
  • Kredit sebagai jembatan untuk meningkatkan pendapatan nasional 
Pengertian Debit 
Pengertian debit adalah pengurang deposito pada rekening bank atau catatan pada pos pembukuan yang menambah nilai aktiva atau me­ngurangi jumlah kewajiban. Selain itu debit juga berarti piutang. 

Contoh Kartu Debit
Kartu ATM merupakan salah satu contoh debit. 
APA PERBEDAAN DEBIT DAN KREDIT LENGKAP
Kartu ATM

Perbedaan Kredit dan Debit 
Setelah mengetahui pengertian kredit dann debit sudah nampak jelas perbedaan keduanya. Kredit bersifat pinjaman, sedangkan debit bersifat piutang atau pinjaman.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan kepada kalian dengan judul Apa Perbedaan Dari Debit dan Kredit dalam dunia akuntansi. Semoga dengan artikel saya ini kalian akan mengerti dan memahami pengertian dan perbedaan dari Debit dan Kredit sesuai dengan yang saya tuliskan di website ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : APA PERBEDAAN DEBIT DAN KREDIT LENGKAP

0 komentar:

Posting Komentar