Informasi pendidikan terkini dan terpercaya

Kamis, 23 Juli 2015

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Secara Maksimal

Manfaat temulawak memang sudah terkenal sejak 4000 tahun yang lalu sehingga tidak heran kini banyak produk yang dibuat oleh produsen yang menggunakan bahan baku temulawak. Tanaman ini memiliki nama latin curcumma xanthorrhiza dan pada setiap daerah memiliki nama atau sebutan yang berbeda-beda. Seperti di daerah madura disebut dengan temulabak, koneng gede untuk daerah sunda, dan ada juga yang menyebut temu lawak dengan nama temu putih.

Mengapa temulawak sangat baik untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan? Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat dalam temulawak. Dalam temulawak terdapat banyak sekali senyawa kimia seperti minyak menguap atau yang biasa disebut dengan fellandrean dan turmerol, minyak atsiri, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol. Lantas apa saja khasiat temulawak untuk kesehatan tubuh? Langsung saja simak ulasan lengkap dibawah ini.

Manfaat Temulawak


Manfaat Temulawak
image:harianjogja.com

Untuk mengatasi gangguan pencernaan
Beberapa gangguan pencernaan seperti seperti kembung, dyspepsia, dan indisgestion dapat diatasi menggunakan temulawak. Anda dapat mengkonsumsi temulawak secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Untuk membantu meringankan peradangan
Peradangan seperti osteoarthritis dapat kita atasi dengan menggunakan temulawak yang merupakan bahan alami herbal dari alam.

Dapat mengatasi kanker
Tanaman temulawak dapat mengatasi berbagai macam jenis kanker seperti kanker usus dan prostat. Seperti yang ditulis m.vemale.com, temulawak dapat menghambat perkembangan kanker prostat. Hal tersebut membuat hipotesis bahwa temulawak bekerja menghentikan pembuluh darah yang menyuplai pertumbuhan kanker.

Meningkatkan nafsu makan pada anak, mengatasi penyakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, memperlancar produksi ASI, mengatasi sembelit, sakit cangkrang, cacar air, mengobati sariawan sampai dengan jerawat.

Meskipun dapat mengatasi berbagai macam penyakit, namun mengkonsumsi temulawak secara berlebihan juga tidak baik untuk perut. Beberapa orang yang dilarang mengkonsumsi temulawak adalah orang-orang yang menderita diabetes, sedang mengkonsumsi obat-obatanan dan ibu hamil. Selain temulawak, Anda juga bisa mencoba manfaat buah naga yang tidak kalah efektif dalam menjaga kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Secara Maksimal

0 komentar:

Posting Komentar